fbpx
was successfully added to your cart.

PRINSIP PENERAPAN K3 DI RUMAH SAKIT

K3 RS 2020 FB Accelera Safety MJPRO

Rumah sakit, selain menjadi tempat perawatan bagi orang-orang memerlukan tindakan medis juga menjadi tempat berkegiatan atau bekerja bagi para tenaga kesehatan yang dalam setiap kegiatannya wajib menyediakan fasilitas dan kondisi yang aman, berfungsi dan mendukung bagi pasien, keluarga, pekerja dan pengunjung. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka fasilitas yang bersifat fisik, segala peraltan medis, hingga peralatan dan perlengkapan lainnya harus dikelola dan dirawat secara maksimal dan efektif. Dalam hal ini secara khusus manajemen rumah sakit sangat perlu berupaya keras untuk mengurangi dan mengendalikan bahaya dan risiko, mencegah terjadinya kecelakaan dan cidera, serta menciptakan dan mempertahankan kondisi yang aman dan selamat.

Manajemen rumah sakit yang efektif dan efisien mampu melibatkan multi-disiplin ilmu dalam perencanaan, pendidikan dan pemantauan untuk mencapai tujuannya. Dari pimpinan rumah sakit merencanakan ruangan, peralatan, sumber daya dan fasilitas penunjuang lainnya yang bersifat aman dan efektif yang dibutuhkan rumah sakit untuk menunjang pelayanan klinis yang diberikan. Tidak hanya pimpinan, seluruh staf dipersiapkan secara fisik dan mental tentang fasilitas, cara menangani dan mengurangi risiko, serta cara bagaimana memonitor dan melaporkan situasi yang dapat menimbulkan risiko. Kriteria atau parameter kinerja digunakan untuk mengevaluasi sistem yang penting dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan demi mencapai tujuan rumah sakit yang sesungguhnya.

Oleh sebab penjelasan di atas, maka keselamatan dan kesehatan kerja, terlebih khusus kesehatan kerja di rumah sakit sudahlah semestinya menjadi parameter utama yang perlu segera diterapkan dan di manajemen dengan maksimal dan efektif. Sangatlah penting untuk pimpinan hingga seluruh tenaga kesahatan maupun pekerja memiliki komitmen yang tinggi dalam hal ini. K3 bukanlah hal sepele di dalam kehidupan suatu organisasi, terlebih lagi rumah sakit. K3 Rumah Sakit merupakan faktor penting yang sifatnya perlu segera diterapkan.

Di dalam pelaksanaannya, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di rumah sakit perlu dibuatkan sistem manajemen yang baik agar menjadi suatu rangkain atau jahitan yang tersistematis dan terlaksana secara maksimal. Sistem Manajemen K3 Rumah Sakit (SMK3RS) meliputi penetapan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan rencana, pemantauan (monitoring) dan evaluasi kinerja dan peninjauan serta peningkatan kinerja K3 Rumah Sakit. Semua parameter-parameter K3 ini wajib dituangkan dalam dokumen tertulis dengan dukungan keputusan kepala atau direktur di suatu rumah sakit dengan kebijakan K3 rumah sakit yang meliputi penetapan kebijakan dan tujuan dari program K3, penetepan organisasi K3 dan penetapan dukungan pendanaan, sarana dan prasarananya.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman, kesadaran, kemampuan dan keterampilan, pertama-tama bagi pelaksana K3 di rumah sakit dan individu lainnya yang terkait, termasuk pengunjung, maka perlu dilakukan pendidikan dan pelatihan yang memliki standar yang baik terkait K3 Rumah Skait (K3 RS) bagi sumber daya tenaga kesehatan, terutama sumber daya K3 RS. Setelah diperlengkapi dengan pengetahuan K3 Rumah Sakit, makan gaung K3 ini perlu terus digemakan di lingkungan rumah sakit, baik berupa sosialisasi, promosi suara maupun tulisan dan upaya-upaya lain yang efektif dan efisien. Selain itu, pencatatan dan pelaporan penyelenggaraan K3 Rumah Sakit dilakukan secara terintegrasi dengan sistem informasi manajemen yang baik di rumah sakit. Pencatatan dan pelaporan yang dimaksudkan tersebut dapat dilakukan secara bulanan maupun tahunan.

Adapun pencatatan dan pelaporan yang dimaksudkan tersebut, dalam hal ini yang sifatnya bulanan meliputi insiden penyakit menular, insiden penyakit tidak menular, insiden kecelakaan akhibat kerja (KAK) dan insiden penyakit akhibat kerja (PAK). Sedangkan pencatatan dan pelaporan K3 Rumah Sakit yang sifatnya tahunan meliputi penyelenggaraan kegiatan K3 Rumah Sakit (K3 RS) yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun.

Semua prinsip atau parameter yang tertuang dalam artikel ini telah dirangkum dalam Pelatihan K3 Rumah Sakit Sertifikasi Kemneterian Ketenagakerjaan RI yang dilaksanakan oleh PJK3 Accelera Safety – PT Mitra Jaya Profita, yang mana pelatihan ini berlangsung selama empat hari dengan mengutamakan praktik lapangan yang dapat membantu tiap peserta untuk dapat memahami K3 Rumah Sakit secara menyeluruh.

accpelatihan accpelatihan

Author accpelatihan accpelatihan

Perusahaan Jasa K3 (PJK3) Accelera Safety yang bergerak di bidang Sertifikasi K3 KEMNAKER RI, Standarisasi ISO dan Distributor Alat Kesehatan.

More posts by accpelatihan accpelatihan
error: Content is protected !!
WhatsApp chat