fbpx Skip to main content

Apakah keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit atau yang sering kita sebut dengan sebutan K3 Rumah Sakit itu?

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kita perlu menyadari bahwa rumah sakit juga merupakan tempat kerja bagi tenaga kerja rumah sakit. selain memperhatikan kesehatan pasien sebagaimana tujuan utama dari rumah sakit itu sendiri, perlu juga diperhatikan kesehatan para pekerja rumah sakit, baik itu dokter, suster, mantri, paramedis, dan karyawan tetap lainnya, namun juga termasuk di dalamnya adalah pekerja yang bersifat non karyawan rumah sakit, seperti tenaga kerja dari vendor, baik mekanik peraltan rumah sakit yang melakukan j=kunjungan perawtan alat, tukang yang bekerja di rumah sakit, tukang parkir dan individu-individu lainnya yang berkepentingan di rumah sakit, termasuk pengunjung dan orang-orang yang menjenguk pasien.

Rumah sakit justru menjadi sangat kompleks aspek K3-nya karena menyangkut banyak aspek. Selain itu, limbah rumah sakit juga merupakan salah satu aspek yang wajib dalam pantaun K3. Sebegitu kompleksnya sehingga sistem manajemen K3 rumah sakit haruslah benar-benar diperhatikan dan diwujudkan.

Upaya kesehatan merupakan setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat. Tenaga kerja kesehatan merupakan setiap orang yang mengabdi dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Mengingat pentingnya kesehatan bagi tenaga kerja di rumah sakit, oleh sebab itu pemerintah bersama-sama dengan PJK3 Accelera Safety (PT Mitra Jaya Profita) terus menerus meningkatkan pertumbuhan budaya K3 dengan salah satunya melalui Pelatihan K3 berbasis kompetensi dan bersifat sertifikasi dari KEMNAKER RI yang bertujuan untuk terus memperlengkapi, baik rumah sakit, terlebih lagi tenaga kesehatan secara individu untuk sungguh-sungguh menguasai dan berbudaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tempat kerjanya.

Sistem Manajemen K3 di rumah sakit haruslah dibuat dan dilakukan dengan maksimal sesuai kapasitas rumah sakit tersebut yang mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah terkait K3, seperti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan.

accpelatihan accpelatihan

Author accpelatihan accpelatihan

Perusahaan Jasa K3 (PJK3) Accelera Safety yang bergerak di bidang Sertifikasi K3 KEMNAKER RI, Standarisasi ISO dan Distributor Alat Kesehatan.

More posts by accpelatihan accpelatihan
error: Content is protected !!
WhatsApp chat